PPP Nilai Lockdown Salah Satu Cara Cegah Corona Meluas

PPP Nilai Lockdown Salah Satu Cara Cegah Corona Meluas

Fraksi PPP DPR RI menilai salah satu cara mencegah penyebaran virus Corona meluas, yakni mengunci (lockdown) daerah-daerah yang diduga menjadi pusat penularan. Namun, menurut Fraksi PPP, lockdown merupakan opsi terakhir yang bisa diberlakukan oleh pemerintah RI.
“Salah satu opsi yang jadi wacana adalah lockdown kawasan-kawasan tertentu yang dianggap menjadi penyebaran wabah Corona. Pilihan opsi ini bisa diambil sebagai langkah terakhir jika memang upaya yang dilakukan tidak maksimal,” kata Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Jumat (13/3/2020).

Baidowi menegaskan keputusan me-lockdown daerah yang diduga menjadi pusat penyebaran virus Corona merupakan kewenangan pemerintah. Dia mengingatkan, jika memang keputusan itu ingin diambil, pemerintah harus memastikan ketersediaan pangan daerah yang di-lockdown.

“Sebelum opsi lockdown diambil, maka harus dipastikan ketersediaan pangan agar tidak terjadi kelangkaan, dan pemerintah juga melakukan antisipasi panic buy. Paling tidak sektor produksi dalam negeri bisa lebih ditingkatkan untuk menutupi bakal berkurangnya komoditas impor,” paparnya.

Politikus yang kerap disapa Awiek itu juga menyarankan agar pemerintah, termasuk pemerintah daerah, membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa yang banyak. Misalnya, pertandingan olahraga, kalaupun tidak dapat ditunda, anggota Komisi VI DPR itu menyarankan agar sebaiknya digelar tanpa penonton.

“Kegiatan-kegiatan yang melibatkan jumlah massa besar ditunda pelaksanaannya. Bahkan, jika perlu pertandingan olahraga digelar tanpa penonton kalau tidak mau dihentikan sementara waktu. Pilihan-pilihan, opsi lebih diprioritaskan untuk mencegah meluasnya wabah sebelum terlambat,” papar Awiek.

Sumber: Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *