Menuai Polemik, PPP Minta Tema Lomba BPIP ‘Hormat Bendera Menurut Islam’ Diganti

Menuai Polemik, PPP Minta Tema Lomba BPIP ‘Hormat Bendera Menurut Islam’ Diganti


Sabtu 14 Agustus 2021

PPP – Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani minta mengganti tema lomba menulis artikel ‘Hormat Bendera Menurut Islam’ yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

“Tema lomba seperti yang dipostingkan itu menurut hemat PPP malah membuka ruang untuk diperdebatkan di tengah masyarakat. Soal hormat kepada bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan itu sesuatu yang sudah (tidak) jadi masalah bagi mayoritas umat Islam,” ujar Wakil Ketua MPR ini, Jumat (13/8/2021).

Arsul menyebut ormas-ormas Islam lain seperti Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) sudah tidak mempermasalahkan hormat bendera maupun menyanyikan lagu kebangsaan.

“Cobalah (tema) diganti, misalnya bukan dengan menulis atau berargumentasi tentang hormat bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan. Tapi lomba foto dengan pakaian santri hormat pada bendera atau menyanyikan lagu kebangsaan. Jadi bukan ditanya pandangan hukumnya tentang kedua hal itu,” tegas Arsul.

“Dan sebaiknya soal-soal seperti ini bukan Romo Benny Susetyo yang menjelaskan, nanti belum apa-apa akan dipertanyakan lagi siapa beliau itu bicara sesuatu yang kaitannya dengan Hari Santri atau kalangan Islam,” ujarnya.

 PPP meminta BPIP untuk lebih bijak dan kreatif dalam mengartikulasi dan mengemas program-program membangun nasionalisme.

Sumber : Detik.com

DPP PPP