12 PARPOL Di JATIM SUDAH MEMENUHI SYARAT MENJADI PESERTA PEMILU 2019

12 PARPOL Di JATIM SUDAH MEMENUHI SYARAT MENJADI PESERTA PEMILU 2019

PPP.Surabaya – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menyampaikan hasil verifikasi kepengurusan partai politik (parpol) di tingkat Provinsi Jawa Timur, Rabu (31/1). Hasil dari verifikasi menyatakan sebanyak 12 parpol, setelah menjalani proses dinyatakan telah memenuhi syarat.

Adapun kedua belas parpol tersebut yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Selanjutnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang, (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Kesemuanya adalah parpol yang berkedudukan di tingkat provinsi.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menyatakan bahwa verifikasi faktual terhadap 12 parpol di tingkat provinsi sudah dilakukan 28-30 Januari 2018. Seluruh parpol sudah didatangi langsung ke kantor masing-masing, dengan beberapa petugas untuk menjalankan proses verifikasi faktual sesuai dengan jadwal.

“Hasil dari verifikasi sendiri menyebutkan bahwa 12 partai politik sudah memenuhi syarat (MS), sehingga disampaikan hari ini,” ujarnya.

Eko menjelaskan, meski sudah dinyatakan memenuhi syarat, ada dua parpol yang dalam catatan yakni PPP dan Hanura. Dia menjelaskan, untuk catatan terhadap PPP dari hasil verifikasi yakni terkait dengan keterwakilan 30% perempuan dalam struktur pengurus ditingkat provinsi masih belum dipenuhi.

Sedangkan untuk Partai Hanura, catatannya hanya nomor KTP Elektronik (e-KTP) di Sistem Partai Politik (Sipol) belum sesuai dengan Nomor Induk Keluarga (NIK) yang menjadi bagian dari syarat verifikasi. Eko berharap, dua partai tersebut segera melakukan perbaikan di Sipol dalam kurun waktu 4-5 Februari 2018.

“Secara substansi verifikasi kepengurusan Parpol tingkat Provinsi Jawa Timur semuanya memenuhi Syarat. Dua belas Parpol MS semua,” tegas Eko.

Eko menghimbau, meski catatan yang disampaikan oleh pihaknya terhadap PPP dan Hanura tidak berpengaruh. Dia meminta agar aturan untuk segera memperbaiki Sipol tersebut segera diperhatikan dan ditindaklanjuti.

“Sebatas untuk diperhatikan. Tidak menjadikan TMS (Tidak Memenuhi Syarat), tapi segera ditindaklanjuti saja,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *